TIPS TRAVELING DI MASA PANDEMI

2

Jika COVID-19 menyebar di komunitas Anda, tetap aman dengan melakukan beberapa tindakan pencegahan sederhana, seperti menjaga jarak secara fisik, mengenakan masker, menjaga ruangan berventilasi baik, menghindari keramaian, membersihkan tangan, dan batuk ke siku atau tisu yang tertekuk. Periksa nasihat lokal di mana Anda tinggal dan bekerja.

Bepergian atau traveling dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan dan menyebarkan COVID-19. Tinggal di rumah adalah cara terbaik untuk melindungi diri Anda dan orang lain dari COVID-19.

Anda bisa tertular COVID-19 selama perjalanan Anda. Anda mungkin merasa sehat dan tidak menunjukkan gejala apa pun, tetapi Anda masih dapat menyebarkan COVID-19 kepada orang lain. Anda dan teman perjalanan Anda (termasuk anak-anak) dapat menyebarkan COVID-19 ke orang lain termasuk keluarga, teman, dan komunitas Anda selama 14 hari setelah Anda terpapar virus.

Jika Anda harus bepergian, berikut tips traveling di masa pandemi ini.

Sebelum Anda bepergian, pertimbangkan hal-hal berikut:

  • Apakah COVID-19 menyebar di tempat tujuan Anda? Semakin banyak kasus di tempat tujuan Anda, semakin besar kemungkinan Anda terinfeksi selama perjalanan dan menyebarkan virus kepada orang lain saat Anda kembali.
  • Apakah Anda tinggal dengan seseorang yang mungkin berisiko lebih tinggi terkena penyakit parah akibat COVID-19? Jika Anda terinfeksi saat bepergian, Anda dapat menularkan virus kepada orang yang Anda cintai saat Anda kembali, meskipun Anda tidak memiliki gejala apapun. Siapapun bisa sangat sakit akibat virus yang menyebabkan COVID-19, tetapi orang dewasa yang lebih tua dan orang-orang dari segala usia dengan kondisi medis tertentu memiliki risiko lebih tinggi untuk penyakit parah akibat COVID-19.
  • Beberapa pemerintah negara bagian, lokal, dan teritorial memiliki persyaratan, seperti mewajibkan orang untuk memakai masker dan mewajibkan mereka yang baru bepergian untuk tinggal di rumah hingga 14 hari.

Selama perjalanan Anda, ambil langkah-langkah untuk melindungi diri Anda dan orang lain dari COVID-19:

  • Kenakan masker untuk menutupi hidung dan mulut Anda saat berada di tempat umum, termasuk di transportasi umum dan di pusat transportasi seperti bandara dan stasiun.
  • Hindari kontak dekat dengan menjaga jarak setidaknya 6 kaki dari siapa pun yang bukan dari rumah Anda.
  • Sering mencuci tangan atau gunakan pembersih tangan (dengan setidaknya 60% alkohol).
  • Hindari kontak dengan siapa pun yang sedang sakit.
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda.

Bandara, stasiun bus, stasiun kereta api, dan halte peristirahatan adalah tempat-tempat yang dapat membuat orang terpapar virus di udara dan di permukaan. Ini juga merupakan tempat yang sulit untuk mendapatkan jarak fisik. Secara umum, semakin lama Anda berada di dekat seseorang dengan COVID-19, semakin besar kemungkinan Anda tertular. (PK)

Referensi:

  • KMK RI. PEDOMAN PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN CORONAVIRUS DISEASE 2019 (COVID-19). 2020
  • WHO. Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public. 2020
  • CDC US. Travel During COVID-19. 2020