Tips Untuk Mencegah Diri Anda Makan di Saat Tidak Lapar

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

183

1. Berhenti Sejenak

Kunci utama untuk mencegah diri Anda makan di saat tidak lapar adalah dengan menyadari dan mencari tahu apa yang sebenarnya Anda rasakan. Saat Anda merasa ingin makan, maka berhentilah sejenak dan cari tahu apakah Anda benar-benar merasa lapar atau hanya merasa bosan, lelah, stress, atau haus.

Akan tetapi, jangan biarkan diri Anda merasa kelaparan karena hal ini dapat berbahaya. Di saat kelaparan, kadar gula darah Anda akan menjadi sangat rendah, yang dapat memicu Anda makan secara berlebihan.

2.      Cari Tanda Lapar

Untuk menentukan apakah Anda benar merasa lapar, carilah terlebih dahulu beberapa tanda lapar seperti perut keroncongan dan terasa kosong. Akan tetapi, bila perut Anda terasa penuh, maka Anda mungkin hanya ingin makan sesuatu, yang bukan karena lapar.

3.      Periksa Diri dan Pikiran Anda

Jika Anda mulai melihat jam tangan Anda dan bertanya-tanya kapan jam makan dimulai, Anda mungkin ingin makan bukan karena merasa lapar, tetapi karena merasa bosan.

4.      Cari Tahu Apa yang Anda Butuhkan Selain Makanan

Sebelum mulai mengkonsumsi makanan apapun, akan lebih baik bila Anda melakukan beberapa hal lain untuk memastikan apakah Anda benar-benar merasa lapar. Cobalah berjalan-jalan di sekitar kantor Anda untuk mengurangi stress, tidur siang sejenak selama 20 menit jika Anda merasa lelah, atau minumlah segelas air untuk menghilangkan rasa haus Anda. Jika Anda tetap merasa lapar setelah melakukan beberapa hal di atas, bahkan rasa lapar semakin bertambah, maka Anda dapat merasa yakin bahwa Anda memang benar-benar merasa lapar.


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store