Tips Untuk Mengatasi dan Mencegah Keracunan Sinar Matahari

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi

231

Keracunan sinar matahari berbeda dengan terbakar oleh sinar matahari, walaupun gejala keduanya mirip. Perbedaan utama antara terbakar dengan keracunan sinar matahari adalah adanya lepuhan dan bercak kemerahan pada kulit yang dapat menyebar hingga ke seluruh tubuh, yang dapat tampak seperti reaksi alergi. Hal ini disebut dengan fotodermatitis. Keadaan ini memerlukan pengobatan secepatnya.

Beberapa kasus keracunan sinar matahari mungkin tidak membutuhkan pengobatan medis dan dapat dirawat di rumah. Akan tetapi, bila gejala keracunan sinar matahari tidak juga membaik setelah cukup lama terjadi, maka Anda perlu segera memeriksakan diri ke seorang dokter.

Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa pengobatan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi gejala keracunan sinar matahari ringan.

Minyak Mustard

Minyak mustard yang dicampur dengan air dapat membantu mengatasi gejala keracunan sinar matahari dengan cukup efektif. Oleskan campurann ini pada daerah kulit yang meradang dan biarkan selama 10-15 menit.

Chamomile

Chamomile ternyata tidak hanya bersifat menenangkan saat dikonsumsi dalam bentuk teh, tetapi juga dapat membantu mengatasi peradangan pada kulit akibat keracunan sinar matahari. Caranya adalah rebuslah sejumlah bunga chamomile di dalam air dan oleskan air rebusannya pada kulit yang meradang setiap harinya.

Teh Hijau

Mengoleskan teh hijau dua kali sehari pada kulit yang meradang dapat sangat membantu mengurangi bercak kemerahan dan lepuhan yang disebabkan oleh keracunan sinar matahari. Lakukanlah hal ini hingga gejala membaik.

 

Minyak Lavender

Berendam dalam air hangat yang sudah diberi minyak lavender dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan mengatasi berbagai gejala dari keracunan sinar matahari. Mandilah 2 kali sehari dengan minyak lavender untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.

Lotion Calamine

Mengoleskan sedikit lotion calamine pada daerah kulit yang meradang akibat keracunan sinar matahari, setiap harinya, juga dapat membantu menyembuhkan bercak kemerahan dan lepuhan pada kulit. Lotion ini juga dapat dicampur dengan air hangat untuk membersihkan area kulit yang meradang.

Buttermilk

Untuk membantu mengatasi gejala keracunan sinar matahari, celupkan kapas ke dalam buttermilk dan oleskan pada area kulit yang meradang.

Sayuran Parut

Bawang Bombay dan timun sangat efektif untuk mengatasi gejala keracunan sinar matahari. Untuk membantu mengatasi gejala, Anda dapat memarut atau memotong sayuran dan mengoleskannya pada area kulit yang meradang atau mengkonsumsi kedua jenis sayuran ini setiap hari.

Lidah Buaya

Gel lidah buaya atau ekstrak lidah buaya juga dapat membantu mengatasi gejala dan memberikan efek dingin pada kulit. Oleskan gel atau ekstrak lidah buaya ini secara langsung pada kulit yang meradang.

Untuk mencegah terjadinya keracunan sinar matahari, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  • Jangan terlalu lama terpapar oleh sinar matahari, terutama antara pukul 10.00-16.00 karena radiasi sinar matahari paling tinggi pada jangka waktu ini
  • Bantu tubuh Anda menyesuaikan diri dengan paparan sinar matahari dengan memaparkan diri Anda pada sinar matahari secara bertahap setiap harinya, tetapi tidak boleh terlalu lama
  • Lindungi kulit Anda dengan menggunakan pakaian berlengan panjang atau yang menutupi sebagian besar kulit Anda. Gunakan juga kacamata hitam untuk melindungi mata Anda
  • Gunakan tabir surya dengan SPF yang cukup tinggi sehingga dapat melindungi kulit Anda dari radiasi sinar matahari, akan tetapi pastikan tabir surya yang Anda gunakan aman untuk kulit

Install Aplikasi Pakdok, Google Play Android Click Pakdok