Tips Untuk Mengatasi Kecanduan Coklat

251

1. Buanglah Semua Coklat di Rumah Anda

Singkirkanlah semua coklat di rumah Anda, setidaknya hingga Anda dapat mengatai kecanduan Anda. Hal ini dapat membantu mengurangi godaan bagi diri Anda untuk mengkonsumsi coklat kembali.

2.      Kurangi Secara Perlahan

Berhenti mengkonsumsi sesuatu yang sangat Anda sukai dapat merupakan hal yang sulit untuk dilakukan, apalagi bila Anda sudah mengalami kecanduan. Akan tetapi, bukan berarti hal ini tidak mungkin.

Karena tubuh manusia tidak didesain untuk mampu beradaptasi secara instan, maka tubuh Anda mungkin memerlukan sejangka waktu untuk menyesuaikan diri. Oleh karena itu, bila Anda tidak dapat langsung berhenti sama sekali, maka mulailah secara perlahan, misalnya pilihlah kemasan coklat yang lebih kecil sehingga Anda pun mengkonsumsi lebih sedikit coklat. Terus kurangi porsi coklat Anda secara perlahan hingga Anda mampu berhenti mengkonsumsinya sama sekali. Selain itu, membuat diri Anda berhenti mengkonsumsi coklat dalam waktu singkat justru dapat membuat diri Anda semakin menginginkannya.

3.      Buatlah Menu Makanan Anda

Jangan lupa untuk menyusun menu makanan Anda untuk sepanjang hari di pagi hari. Dengan demikian, Anda pun akan mulai terbiasa untuk merencanakan terlebih dahulu apa saja yang akan Anda konsumsi di sepanjang hari.

 4.      Pastikan Diri Anda Tidak Kelaparan

Untuk menghindari keinginan untuk mengemil, maka pastikan diri Anda tidak pernah merasa kelaparan. Makanlah secara teratur, tiga kali sehari, dan siapkanlah cemilan sehat untuk mengatasi rasa lapar di antara waktu makan.

5.      Pilihlah Makanan Bernutrisi

Pilihlah makanan yang mengandung banyak nutrisi dan serat yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Beberapa makanan tersebut adalah gandum, buah segar, kacang-kacangan, dan sayuran.

 6.      Kurangi Konsumsi Makanan Manis

Bila Anda ingin mengatasi kecanduan Anda terhadap coklat, maka mulailah mengurangi konsumsi berbagai jenis makanan manis lainnya karena mengkonsumsi makanan manis seperti permen dapat membuat Anda ingin mengkonsumsi makanan manis lebih banyak lagi.

7.      Ketahui Saat Rentan Anda

Cari tahu kapan Anda paling ingin mengkonsumsi coklat atau makanan manis atau mengemil di sepanjang hari karena setiap orang memiliki waktu “rentan” yang berbeda-beda.

8.      Konsumsi Banyak Air Putih

Tubuh manusia dapat mensalahartikan kebutuhannya akan air dengan makanan. Oleh karena itu, saat tubuh Anda memerlukan air, ia mungkin membuat Anda merasa lapar. Oleh karena itu, pastikan Anda mengkonsumsi cukup air putih setiap harinya.

9.      Cukup Tidur

Seperti halnya air putih, tubuh Anda juga memerlukan tidur yang cukup untuk membantu mengurangi rasa lapar dan keinginan mengemil Anda. Selain itu, tubuh manusia juga dapat mensalahartikan kebutuhan akan tidur dengan makanan, yang membuat keinginan mengemil lebih banyak muncul di malam hari.

10.  Olahraga

Aktivitas fisik seperti berolahraga dapt membantu mengendalikan kecanduan Anda. Berbagai jenis olahraga seperti aerobik, pilates, yoga, dan berbagai jenis olahraga lainnya dapat mengurangi keinginan Anda untuk makan.

Setiap kali Anda tergoda atau merasa sangat ingin mengkonsumsi coklat, maka mulailah melakukan olahraga dengan intensitas sedang selama 20-30 menit.