Tips Untuk Mengatasi Nyeri Pada Tulang Rusuk Saat Hamil

143

Jika kehamilan Anda sudah memasuki trimester ketiga, maka Anda mungkin sudah mengalami nyeri pinggang, nyeri perut bawah, dan nyeri pinggul. Akan tetapi, ada satu bagian tubuh lagi yang akan terasa nyeri sekarang ini, yaitu tulang rusuk. Nyeri pada tulang rusuk dapat membuat Anda merasa sesak napas dan nyeri pada tubuh bagian atas. Lalu bagaimana cara Anda mengatasinya?

Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa tips yang dapat membantu mengatasi nyeri pada tulang rusuk saat hamil.

 

Kompres Hangat atau Dingin

Walaupun tidak selalu berhasil, akan tetapi pada beberapa orang wanita, kompres dingin pada tulang rusuk yang nyeri dapat membantu. Caranya adalah tempelkan kantong berisi es batu pada bagian rusuk yang terasa nyeri dan angkat tangan Anda ke atas kepala. Selain itu, mandi air hangat juga dapat membantu. Mandi air hangat dapat membantu melemaskan otot dan mengurangi nyeri.

 

Gunakan Bantal Sebagai Peyangga

Bantal dapat membantu mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada salah satu bagian tubuh Anda. Cobalah untuk meletakkan bantal di sekitar tubuh Anda sehingga lebih banyak bagian tubuh yang menyangga berat badan.

 

Tidur Dengan Posisi Lain

Posisi tidur Anda dapat mempengaruhi nyeri tulang rusuk dan nyeri punggung Anda. Mengganti posisi tidur Anda mungkin dapat membantu. Dokter biasanya menganjurkan agar para wanita hamil tidur dengan posisi miring ke kiri atau pada sisi yang membuat Anda tidak merasa nyeri.

 

Gunakan Pakaian Longgar

Menggunakan pakaian ketat atau terlalu kecil dapat menyebabkan tekanan tambahan pada tulang rusuk Anda. Oleh karena itu, dianjurkan agar Anda menggunakan pakaian longgar.

 

Bergeraklah!

Bergerak saat hamil juga sangat penting bagi kesehatan tubuh Anda dan dapat membantu kinerja saluran pencernaan Anda. Walaupun Anda tidak ingin, berjalan kaki atau berolahraga justru dapat membantu mengurangi nyeri dan menjaga kesehatan tubuh Anda. Pastikan saja Anda tidak melakukannya secara berlebihan dan lakukan sesuai anjuran dokter Anda.

 

Gunakan Penyangga

Berbagai jenis alat penyangga seperti bantal, bra perut, penyangga perut, dan alas duduk dapat membantu mengurangi tekanan pada tubuh. Dengan demikian, rasa nyeri pada tulang rusuk bagian bawah dan punggung Anda pun dapat berkurang.

 

Pijat

Terapi pijat merupakan salah satu cara alami untuk mengurangi nyeri tulang rusuk. Jika Anda tidak dapat menjangkau bagian tubuh yang terasa nyeri, mintalah pasangan Anda untuk memijatnya bagi Anda.

 

Jangan Duduk Dengan Posisi Tegak atau Condong ke Depan

Duduk atau berdiri dengan postur tubuh yang tepat penting untuk punggung dan tulang rusuk Anda. Jika Anda duduk dengan posisi condong ke depan, maka hal ini dapat memberikan tekanan tambahan pada perut dan dada Anda, yang dapat memicu terjadinya nyeri. Oleh karena itu, duduklah dengan bersandar ke belakang. Hal ini dapat membantu mengurangi ketegangan otot pada daerah pinggang dan tulang rusuk Anda.

Segera cari pertolongan medis bila Anda mengalami nyeri hebat atau nyeri yang tidak kunjung reda.

 

Sumber: www.dokter.id