Tips Untuk Mengecilkan Perut Dengan Olahraga Ringan Dirumah

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

152

Penumpukan lemak pada bagian perut memang sangat mengganggu penampilan. Asupan makanan berlemak serta kurangnya olahraga bisa jadi penyebab utamanya. Bahkan bagi sebagian orang, bagian perut merupakan yang pertama mengalami pelebaran saat terjadi kenaikan berat badan.selain mengganggu penampilan, perut buncit juga dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya berbagai macam masalah kesehatan. Untuk mengatasi masalah ini, berikut tips mengecilkan perut yang dapat anda lakukan dirumah.

  1. Push Up

Menurut sebuah penelitian di jurnal Obesity menunjukkan bahwa push up bisa meningkatkan kadar testosteron dan meratakan perut buncit. Selama ini, kekurangan testosteron banyak dikaitkan dengan penumpukan lemak yang menempel di organ dalam perut. Cara melakukannya tidak butuh peralatan khusus untuk push up, bahkan olahraga ini bisa dilakukan tanpa menggunakan matras. Mulailah dengan 2 seri setiap hari, masing-masing 25 kali, lalu tingkatkan sesuai kemampuan.

  1. Sit Up

Gerakan sit up merupakan gerakan olahraga yang sangat efektif untuk mengencangkan perut buncit karena gerakannya benar-benar terpusat di otot perut. Cara melakukannya yaitu berbaring di atas matras dengan keadaan kaki ditekuk membentuk sudut 90 derajat, kemudian angkat kedua tangan dan letakkan di belakang kepala, pada saat mengangkat tubuh keatas hembuskan nafas Anda dan ketika hendak turun tarik nafas. Lakukan kegiatan ini beberapa kali dan rutin.

  1. Elbow Plank

Gerakan ini sangat bermanfaat untuk menyingkirkan lemak diperut dan juga melatih otot perut. Selain itu, gerakan ini juga berguna untuk melatih stabilitas tubuh serta otot inti yang ada pada tubuh atau berpusat pada perut, paha, dan pinggang. Cara melakukannya yaitu posisikan tubuh Anda menghadap ke arah lantai, kemudian letakkan kedua tangan Anda sampai siku menyentuh area lantai. Angkat tubuh dengan posisi telapak tangan yang tegak dan jaga supaya posisi punggung tetap dalam keadaan lurus dan tahan perut Anda selama melakukan gerakan Elbow Plank ini. Ulangi gerakan ini selama 30 detik atau 3 set dengan 10 kali gerakan setiap set.

  1. Leg Raise

Gerakan ini juga memusatkan latihan pada daerah otot perut. Gerakan ini mungkin terlihat agak mudah, namun ketika Anda melakukan gerakan ini Anda akan merasakan otot diare perut seperti terbakar. Hal ini disebabkan karena saat gerakan ini berlangsung, terjadi pembakaran lemak pada bagian perut. Cara melakukannya yaitu baringkan tubuh di lantai dengan posisi terlentang, kemudian angkat kedua kaki Anda sampai membentuk sudut 90 derajat, lalu turunkan kaki tanpa menyentuh area lantai dan angkat kembali kaki ke arah 90 derajat. Lakukan gerakan ini sebanyak 15 kali dan 3 set.

Selain gerakan diatas masih banyak lagi gerakan-gerakan olahraga yang dapat Anda lakukan dirumah untuk mengecilkan perut diantaranya yaitu hell touch, bicyle crunch, donkey kickback, dan lain-lain. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, Anda harus melakukan gerakannya dengan benar dan mengatur pola makan. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA)

Daftar Pustaka

https://dietsehat.co.id/gerakan-olahraga-mengecilkan-perut

https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-1984388/olahraga-untuk-perut-buncit-yang-bisa-dilakukan-di-kamar/4/#news


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store