Tips Untuk Mengurangi Sendawa

135

Bingung mengapa Anda tidak juga berhenti sendawa? Sesekali bersendawa sebenarnya merupakan hal yang normal dan tidak perlu Anda khawatirkan. Akan tetapi, bila sendawa Anda tidak juga berhenti, maka hal ini dapat merupakan tanda adanya gangguan pada saluran pencernaan Anda.

 

Penyebab Terjadinya Sendawa

Pada sebagian besar kasus, sendawa terjadi akibat terlalu banyak udara yang masuk ke dalam saluran pencernaan. Makan atau minum terlalu cepat akan membuat Anda menelan terlalu banyak udara. Sendawa merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan kelebihan udara di dalam saluran pencernaan.

Selain itu, menghisap permen, minum melalui sedotan, mengunyah permen karet, dan menggunakan gigi palsu yang longgar juga dapat menyebabkan banyak udara masuk ke dalam saluran pencernaan. Dengan melakukan perubahan gaya hidup, Anda dapat membantu mengurangi jumlah udara yang masuk ke dalam lambung dan mengurangi rasa tidak nyaman pada perut dan sendawa.

Sendawa juga dapat merupakan gejala dari heartburn atau refluks asam lambung. Hal ini dikarenakan saat ada asam lambung yang naik ke dalam kerongkongan, maka secara alami Anda pun akan menelan lebih banyak udara untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada perut.

Sendawa yang terjadi terus-menerus dalam waktu lama dapat merupakan tanda adanya gangguan pencernaan yang membutuhkan pengobatan segera. Beberapa contoh gangguan pencernaan yang membuat penderitanya terus bersendawa adalah gastroparesis (lambung membutuhkan waktu lebih lama untuk mengosongkan dirinya setelah makan) dan ulkus peptikum.

Selain itu, pada beberapa kasus, adanya batu empedu dan gangguan pada kandung empedu juga dapat menyebabkan terjadinya sendawa terus-menerus. Pada kasus yang jarang, sendawa terus-menerus dapat disebabkan oleh kanker lambung atau kanker esofagus (kanker kerongkongan).

Segera periksakan diri Anda ke seorang dokter bila sendawa Anda disertai oleh rasa mual, nyeri perut, tinja berdarah, penurunan berat badan, atau demam.

Untuk mencegah Anda bersendawa berlebihan, di bawah ini ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  • Makan dan minumlah secara perlahan untuk mencegah terlalu banyak udara yang masuk ke dalam saluran pencernaan
  • Jangan berbicara saat mengunyah
  • Hindari menghisap permen
  • Kurangi konsumsi minuman bersoda dan bir karena keduanya akan melepaskan gas karbondioksida yang dapat memperburuk sendawa
  • Jangan minum melalui sedotan, terutama bila Anda mengkonsumsi minuman bersoda
  • Berhenti merokok. Menghisap asap rokok akan membuat Anda menelan lebih banyak udara
  • Jika Anda menggunakan gigi palsu, pastikan gigi palsu tersebut tidak longgar
  • Atasi stress. Saat stress, Anda akan menelan lebih banyak udara

Sumber: healthxchange