Tips Untuk Tetap Terjaga di Saat Lelah dan Mengantuk

100

Apakah Anda kurang tidur semalam tetapi tetap harus bangun pagi dan berangkat kerja pagi ini? Maka Anda membutuhkan beberapa hal yang dapat membantu Anda tetap bersemangat walaupun merasa sangat lelah dan mengantuk. Di bawah ini terdapat beberapa hal yang dapat membantu Anda tetap terjaga selain dari kopi dan kafein.

  • Sinar Matahari

Sinar matahari merupakan peningkat mood yang efektif dan cepat. Sinar matahari dapat memicu pembentukan vitamin D di dalam tubuh dan melindungi Anda dari perubahan mood musiman. Pancaran sinar matahari juga dapat membantu Anda tetap terjaga saat mengantuk.

  • Minum Lebih Banyak Air Putih

Jika Anda mengalami dehidrasi, maka Anda akan merasa lebih lelah. Oleh karena itu, mengkonsumsi cukup air putih setiap harinya sangatlah penting, terutama bila Anda sedang merasa lelah dan mengantuk. Mengkonsumsi segelas air putih yang dingin dapat membuat Anda merasa lebih segar di cuaca yang panas dan membuat Anda tetap terjaga walaupun lelah.

  • Pilih Makanan yang Tepat

Saat Anda mengantuk, sangat penting untuk menjaga apa yang Anda makan. Jangan lewatkan waktu sarapan dan pastikan makan siang Anda tidak dipenuhi oleh makanan berlemak. Makanlah makanan dengan porsi kecil tetap sering. Pilihlah makanan yang mengandung banyak protein dan hindarilah konsumsi kopi dan berbagai minuman energi lainnya.

  • Berjalan Kaki

Duduk tidak dapat membantu Anda tetap terjaga. Saat Anda mengantuk, cobalah untuk berjalan kaki sejenak bahkan jika pekerjaan Anda sangat banyak. Berjalan kaki merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk membuat Anda tetap terjaga saat mengantuk dan lelah.

  • Tarik Napas Dalam-dalam

Menarik napas dalam-dalam juga dapat membantu Anda tetap terjaga dengan cepat.

  • Dengarkanlah Musik yang Bersemangat

Mendengarkan musik dengan irama yang cepat dan naik turun, yang membuat Anda ingin menggerakkan kaki atau kepala Anda dapat membantu Anda tetap terjaga. Jangan mendengarkan musik bernada pelan seperti musik klasik karena jenis musik ini dapat membuat Anda merasa semakin mengantuk.

  • Tetap Aktif Secara Fisik Setiap 30 Menit

Menghabiskan sebagian besar waktu Anda di depan televisi atau komputer dapat membuat Anda merasa lelah dan mengantuk. Oleh karena itu, bangunlah dan gerakkan kaki Anda setiap 30 menit untuk membuat Anda tetap terjaga sepanjang hari.

  • Menghirup Udara Segar

Saat Anda mengantuk, maka menghirup udara segar merupakan suatu hal yang Anda perlukan untuk membuat Anda merasa lebih segar. Jika Anda bekerja di gedung perkantoran, maka bukalah jendela kantor Anda atau pergilah keluar saat makan siang.

  • Mandi

Jika Anda dapat melakukan pekerjaan Anda dari rumah, maka Anda dapat mandi untuk membuat Anda lebih segar dan tetap terjaga. Jika Anda kerja di gedung perkantoran, maka cucilah wajah Anda dengan air dingin untuk membuat Anda terjaga dan lebih bersemangat.

  • Tidur Siang

Tidur siang memang tidak dapat dilakukan semua orang dan tidak harus dilakukan semua orang saat ia merasa lelah dan mengantuk. Anda tidak perlu tidur siang selama beberapa jam untuk membuat Anda merasa lebih segar, 10-15 menit tidur siang dapat memberikan Anda perubahan yang cukup signifikan.

Sumber: womenitely