Travelling Bareng Anak, Siapa Takut?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

222

Traveling adalah salah satu agenda wajib keluarga yang harus direncanakan dengan matang. Mengajak anak untuk traveling diakhir pekan atau dimusim liburan, jelas membutuhkan berbagai persiapan yang tidak sedikit. Para orangtua harus pintar mengatur strategi agar liburan yang direncanakan bisa menjadi sarana untuk merekatkan hubungan emosional orangtua dengan anak, sarana pembelajaran baru, serta momen yang tak terlupakan bagi anak.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dan disiapkan orangtua, agar rencana perjalanan dan liburan bersama si buah hati bisa berjalan aman dan lancar:

  1. Rencanakan dengan Baik

Rencanakan segala sesuatunya dengan matang sebelum perjalanan, misalnya mencari tahu tempat yang cocok untuk liburan, memesan kamar hotel, dan membuat itinenary selama liburan. Jika tak mau repot menyiapkan segala sesuatunya sendiri, bisa saja menggunakan jasa travel agent.

  1. Pilihlah Lokasi yang Tepat

Jangan bawa anak ke lokasi yang membosankan baginya, seperti wisata berbelanja atau mall. Ajaklah si kecil ke atraksi-atraksi yang hidup, seru, dan memiliki aktivitas yang mampu membuat si kecil bergerak. Misalnya: kebun binatang, kebun raya, taman safari, taman bermain dan sejenisnya. Usahakan lokasi tersebut memungkinkan orangtua dan anak berinteraksi lebih intens dan aktif.

  1. Transportasi Pilihan

Naik kendaraan pribadi bisa jadi pilihan, namun jika harus melintasi jarak yang relatif jauh, maka sebaiknya gunakan saja pesawat terbang. Selain memakan waktu lebih pendek, pesawat terbang juga memberikan fasilitas yang lebih nyaman kepada si kecil

  1. Berkemas Seperlunya

Bawalah barang seperlunya, jangan mengemas barang terlalu berlebihan. Utamakan perlengkapan pokok seperti pakaian juga secukupnya karena masih bisa dicuci, selimut, sepatu, baby carrier seperti kereta bayi (stroller) dan rompi penggendong jika si kecil masih balita, serta mainan untuk menghibur.  Susu dan popok, makan dan minuman seperlunya karena juga bisa dibeli selama perjalanan. Selain itu wajib untuk membawa obat-obatan yang biasa dipakai si kecil. Perlengkapan P3K juga sangat penting untuk dibawa saat liburan bersama sang buah hati. Plester, antiseptik dan obat lain seperti obat flu untuk anak juga wajib dibawa untuk buffering ketika ada hal yang tidak diinginkan terjadi

  1. Akomodasi

Pilihlah penginapan atau hotel yang ramah kepada anak-anak, dan memiliki area bermain untuk anak.

Jika semua hal diatas sudah terpenuhi, maka tak usah khawatir lagi untuk membawa anak anda menikmati liburan yang menyenangkan dan berkualitas. Happy traveling! (SO/CM)

Daftar Pustaka

  1. Mimin Piknik. 5 Tips Anti Ribet Liburan Bareng Sang Buah Hati Yang Masih Balita. www.piknikdong.com.
  2. Simply Homy Guest House. 2018. Rekomendasi Tips Traveling Dengan Sang Buah Hati Biar Aman dan Nyaman. http://www.simplyhomy-guesthouse.com.

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store