Trik Jitu Agar Anak Doyan Makan

131

Para ibu apakah anda punya anak yang sulit sekali makan ? Anak susah makan, itulah yang biasa dirasakan orangtua di saat buah hati mereka sudah mengenal makanan padat dan selalu menolak makan apalagi menu yang disajikan berupa sayur yang rasanya hambar ? Jangan khawatir, karena ada tips jitu anak susah makan berikut ini:

  • Perlahan perkenalkan anak anda makanan yang baru. Setelah  disajikan beberapa kali, biasanya anak mulai tertarik untuk memakannya. Namun sayuran adalah makanan yang kerap kali ditolak oleh anak. Coba untuk menyajikan satu macam sayuran saja, supaya anak tidak menjadi bingung. Jangan memaksa anak untuk makan terlalu banyak. Makanlah dengan porsi sedikit, agar ia tak keburu malas untuk menyantapnya.
  • Buatlah jadwal yang teratur untuk anak susah makan agar waktu makan mereka lebih teratur.
  • Usahakan agar jam makan anak tidak berdekatan dengan jam tidurnya, karena anak biasanya sudah merasa lelah karena aktivitas yang sudah dia lakukan sebelumnya sehingga mempengaruhi selera anak untuk mencoba makanan baru.
  •  Sajikan Makanan Menarik. Ibu harus sekreatif mungkin untuk mengolah makanan agar si kecil menjadi tertarik dan suka. Ibu bisa membuat makanan dengan tampilan yang menarik, misalnya mencetak nasi goreng menjadi bentuk ikan, kelinci. Kalau bisa letakkan juga makanan di wadah favorit si kecil agar ia menjadi semakin tertarik. Pilihlah peralatan makan yang berwarna cerah agar semakin nafsu makan, seperti warna merah, orange, kuning dan hijau.
  • Jangan memberi anak makanan cepat saji karena jenis makanan tersebut tidak menyehatkan. Anda dapat mencoba untuk menyajikan buah melon bersama campuran yogurt, atau jus buah yang dihiasi stroberi. Usahakan anak tak jajan diluar karena gizinya tak bisa terkontrol, dan ia akan terbiasa makan makanan luar daripada makan dirumah.
  • Untuk anak yang sudah agak besar, ibu bisa mengajaknya bersama berbelanja dan meminta si kecil untuk memilih  buah dan sayuran. Saat menyiapkan makanan, maka ibu bisa libatkan anak dari mula mengambilkan buah dan sayur hingga siapkan makanan di meja makan.
  • Seandainya anak menolak makan atau minum susu, sebaiknya ibu memberikan asupan gizi yg mengandung susu, seperti yogurt atau keju. Atau seandainya anak menolak sayur, ibu dapat mengganti dengan asupan nutrisi dari buah-buahan yang lainnya.

 

Sumber: Liputan6, Parentingclub