Ttn (Transient Tachypnea Of Newborn)

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

121

TTN adalah istilah untuk masalah pernapasan pada bayi yang dimulai setelah kelahiran dan berlangsung sekitar tiga hari. TTN terjadi ketika ada cairan ekstra di paru-paru bayi atau cairan yang masuk ke dalam paru-paru bayi lambat untuk dibersihkan. Bayi akan bernafas lebih cepat dan lebih keras saat ia mencoba memasukkan oksigen ke paru-parunya. TTN biasanya hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari perawatan di rumah sakit.

Apa yang menyebabkan TTN?

Paru-paru bayi dipenuhi cairan saat ia berada di dalam rahim. Semua oksigen yang dibutuhkan bayi berasal dari pembuluh darah plasenta. Cairan akan mulai menghilang dari paru-paru bayi waktu kelahiran semakin dekat. Setelah itu bayi akan membersihkan cairan tersebut saat ia bergerak pada jalan lahir. Sisanya dibersihkan ketika bayi mengambil nafas pertamanya setelah lahir.

Resiko terkena tachypnea transient pada bayi baru lahir

Hanya sebagian kecil dari semua bayi yang baru lahir mengalmai TTN. Kondisi ini akan lebih mungkin terjadi pada bayi yang dilahirkan melalui operasi caesar karena cairan di paru-paru tidak keluar melalui karena persalinan normal.

Apa saja tanda dan gejala TTN?

Berikut tanda dan gejala TTN yaitu:

  1. Pernapasan cepat (lebih dari 60 napas dalam satu menit)
  2. Suara mendengus atau merintih saat bayi bernafas
  3. Terjadi retraksi/tarikan tulang rusuk bayi saat setiap napas
  4. Lubang hidung terbuka lebih lebar saat bayi bernafas
  5. Warna kebiruan di sekitar mulut atau hidung bayi Anda

Bagaimana diagnosis TTN?

TTN mungkin terlihat seperti masalah pernapasan lainnya, seperti pneumonia atau paru-paru yang belum matang. Dokter mungkin akan menganjurkan melakukan rontgen dada bersama dengan pemeriksaan fisik lainnya untuk membantu diagnosis. Dokter juga bisa menggunakan pemeriksaan lain seperti oksimeter yaitu alat yang mengukur jumlah oksigen dalam darah bayi dan tes darah dapat dilakukan untuk memeriksa infeksi.

Penanganan TTN

Perawatan khusus untuk tachypnea transien pada bayi baru lahir akan ditentukan oleh dokter bayi Anda berdasarkan:

  1. Usia kehamilan bayi Anda, kesehatan secara keseluruhan, dan riwayat medis
  2. Toleransi bayi untuk obat, prosedur, atau terapi tertentu

Perawatan yang diberikan bisa dengan pemberian oksigen tambahan yang diberikan dengan masker di wajah bayi atau dengan menempatkan bayi di bawah tudung oksigen dan tes darah (untuk mengukur kadar oksigen dalam darah)

Continuous positive airway pressure (CPAP) dapat digunakan jika bayi terus mengalami kesulitan bernapas. CPAP adalah mesin yang berfungsi mendorong udara bertekanan ke paru-paru bayi sehingga Udara yang mengalir melalui pipa di hidung bayi akan membuat paru-parunya terbuka ketika ia bernafas.

Setelah TTN hilang, bayi biasanya pulih dengan cepat dan tidak memiliki peningkatan risiko untuk masalah pernapasan tambahan atau masalah kronis lainnya. (LM)

Referensi

Default – Stanford Children’s Health. (2018). Retrieved from https://www.stanford childrens.org/en/topic/default

Ttn (transient Tachypnea Of Newborn) – What You Need to Know. (2018). Retrieved from https://www.drugs.com/cg/ttn-transient-tachypnea-of-newborn.html


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store