Tuna dan Salmon, Lebih Sehat Yang Mana Sih?

110

Indonesia adalah negara kepulauan yang kaya akan hasil laut, maka hal ini patut Anda syukuri. Karena itu berarti Anda akan bisa dengan mendapatkan tangkapan hasil laut, salah satunya ikan. Seperti Kita ketahui ikan memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

American Heart Association merekomendasikan makan ikan setidaknya dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat kesehatan jantung dari asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan. Tuna dan salmon bisa menjadi pilihan ikan yang sehat dan menjadi favorit kebanyakan orang. Nah untuk Anda penyuka tuna atau salmon mungkin bertanya-tanya sebenarnya lebih sehat yang mana diantara keduanya.

 

Berikut Ulasan Mengenai Tuna dan Salmon:

  • Makronutrien

Seporsi 85 gram tuna cakalang yang dimasak mengandung 110 kalori, 24 gram protein dan sejumlah lemak, termasuk 278 mg asam lemak omega-3. Penyajian ikan salmon Atlantik liar berukuran sama mengandung 160 kalori, 22 gram protein dan 5 gram lemak, termasuk 2 gram asam lemak jenuh dan 1.564 mg asam lemak omega-3. Tuna adalah ikan yang lebih ramping, yang berarti mengandung lemak jenuh yang tidak sehat namun juga kurang lemak omega-3 yang sehat.

  • Vitamin

Mengkonsumsi seporsi salmon Atlantik akan memberi Anda lebih banyak vitamin B-12, karena mengandung 45 % nilai harian vs 30 % pada tuna cakalang. Salmon Atlantik juga mengandung 25 % kebutuhan harian riboflavin dalam seporsinya vs 6 % pada tuna, 15 % kebutuhan harian tiamin vs 2 % pada tuna slipjack dan 6 % kebutuhan harian folat vs 2 % pada ikan tuna. Sebaliknya, porsi tuna cakalang mengandung lebih banyak niacin, dengan 80 % kebutuhan harian dibandingkan dalam porsi salmon Atlantik sekitar 45 %. Salmon Atlantik dan tuna cakalang mengandung 40 % kebutuhan harian untuk vitamin B-6. Secara keseluruhan, salmon Atlantik lebih kaya akan vitamin daripada ikan cakalang.

  • Mineral

Salmon Atlantik memberi Anda 20 % kebutuhan harian untuk fosfor, 8 % kebutuhan harian untuk magnesium dan 6 % kebutuhan harian untuk seng dan besi per porsi. Ikan tuna Cakalang mengandung lebih banyak fosfor, 25 % dari kebutuhan harian; Lebih banyak magnesium, 10 %; zat besi 8 % dan kalsium 4 % kebutuhan harian, tapi jumlah zinc yang sama dengan seporsi salmon Atlantik. Tuna cakalang adalah sumber mineral yang lebih baik daripada salmon Atlantik.

 

Jadi berdasarkan ulasan di atas tuna adalah pilihan yang lebih baik jika Anda mencari ikan yang rendah lemak dan kalori, sementara salmon lebih baik jika Anda sedang mencoba meningkatkan asupan asam lemak omega-3 Anda. Namun untuk mendapat manfaat baik dari ikan yang Annda konsumsi Anda perlu memilih jenis yang tepat untuk meminimalkan kandungan berbahaya di dalamnya. Anda bisa konsumsi 6 porsi tuna 170 gram setiap bulannya dan 2 porsi 170 gram salmon setiap minggunya.