Tur Prostat

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

209

Transurethral resection of the prostate (TURP) adalah operasi yang dilakukan untuk mengobati masalah pada saluran kencing karena adanya pembesaran prostat. TURP sendiri merupakan operasi dimana instrumen bedah dimasukkan melalui ujung penis hingga ke saluran kencing di dalamnya. Dengan menggunakan alat tersebut, dokter akan memotong jaringan prostat yang mengalami pembesaran yang menyebabkan aliran kencing terhalang sehingga penderita menjadi sulit untuk kencing.

Prostat sendiri merupakan kelenjar reproduksi pria yang memproduksi cairan semen; salah satu komponen air mani. Prostat biasa membesar pada pria usia lanjut dan mengganggu aliran kencing. Pembesaran prostat juga dapat menandakan adanya keganasan.

Kondisi apa saja bisa dilakukan TURP?

Sealin pembesaran prostat, TURP  juga bisa dilakukan untuk mengobati atau mencegah komplikasi karena aliran kencing yang tersumbat, seperti:

  1. Infeksi saluran kemih berulang
  2. Kerusakan ginjal atau kandung kemih
  3. Ketidakmampuan untuk mengendalikan buang air kecil atau ketidakmampuan untuk buang air kecil sama sekali
  4. Batu kandung kemih
  5. Darah dalam air kencing

Resiko yang bisa terjadi pasca operasi TURP

  1. Kesulitan sementara kencing.

Anda mungkin akan mengalami kesulitan kencing selama beberapa hari setelah prosedur. Sampai Anda dapat buang air kecil sendiri, Anda harus menggunakan tabung (kateter) lewat penis Anda untuk kencing.

  1. Infeksi saluran kemih.

Infeksi dapat terjadi setelah prosedur baik karena kuman masuk selama prosedur operasi ataupun selama penggunaan kateter.

  1. Orgasme kering.

Efek umum dan jangka panjang dari semua jenis operasi prostat adalah pelepasan air mani saat ejakulasi yang masuk ke dalam kandung kemih daripada keluar dari penis. Hal tersebut juga dikenal sebagai ejakulasi retrograde, orgasme kering ini tidak berbahaya dan umumnya tidak mempengaruhi kenikmatan seksual. Tapi itu bisa mengganggu kemampuan Anda untuk memiliki keturunan.

  1. Disfungsi ereksi.

Risikonya sangat kecil, tetapi disfungsi ereksi dapat terjadi setelah perawatan prosedur.

  1. Pendarahan hebat.

Walaupun sangat jarang. Pria dengan prostat yang lebih besar akan berisiko lebih tinggi kehilangan darah yang signifikan.

  1. Kesulitan menahan kencing.

Setelah dilaksanakan TURP, otot sekitar kandung kemih dan saluran kencing dalam penis dapat mengalami gangguan. Akibatnya adalah kehilangan kontrol kandung kemih pasca-TURP.

  1. Natrium rendah dalam darah.

Tubuh menyerap terlalu banyak cairan yang digunakan untuk mencuci area operasi selama TURP. Kondisi ini dikenal sebagai sindrom TURP dan dapat mengancam jiwa jika tidak diobati.

Sebelum operasi

Beberapa hari sebelum operasi, dokter Anda akan menyarankan Anda berhenti minum obat yang meningkatkan risiko perdarahan, termasuk obat pengencer darah. Dokter akan memberikan penghilang rasa sakit untuk mengurangi gejala dan antibiotik untuk mencegah infeksi saluran kemih.

Penanganan setelah operasi

Anda mungkin akan dirawat inap di rumah sakit selama satu hingga dua hari. Anda akan dipasangkan kateter kemih karena pascaoperasi, saluran kencing akan mengalami pembengkakan yang menghalangi aliran kencing. Kateter umumnya dibiarkan selama setidaknya 24 hingga 48 jam, sampai pembengkakan menurun dan Anda dapat buang air kecil sendiri.

Dokter Anda akan menyarankan Anda untuk;

  1. Minum banyak air utih untuk membersihkan kandung kemih.
  2. Makan makanan berserat tinggi, untuk menghindari sembelit dan mengejan saat buang air besar.
  3. Hindari aktivitas berat, seperti angkat berat selama empat hingga enam minggu atau sampai dokter Anda mengatakan itu baik-baik saja.
  4. Menahan untuk tidak melakukan hubungan seks selama empat hingga enam minggu. (LM/STE)

Referensi

Transurethral resection of the prostate (TURP) – Mayo Clinic. (2018). Retrieved from https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/turp/about/pac-20384880


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store