USG Transvaginal

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

637

USG transvaginal adalah pemeriksaan ultrasound untuk mengamati sistem reproduksi wanita dari dalam vagina. Sistem reproduksi wanita tersebut diantaranya vagina, rahim, saluran telur, indung telur, dan leher rahim.

Umumnya, USG transvaginal dilakukan selama masa kehamilan untuk:

  • Memantau detak jantung janin.
  • Memeriksa kemungkinan perubahan pada rahim, yang berisiko menyebabkan komplikasi kehamilan.
  • Mendeteksi kemungkinan adanya kelainan plasenta.
  • Mendeteksi perdarahan yang tidak normal.
  • Mendiagnosis risiko keguguran.
  • Membantu menentukan tanggal persalinan yang lebih akurat.
  • Mendeteksi kehamilan di luar rahim.

Selain untuk memeriksakan perkembangan kehamilan, beberapa fungsi utama ultrasound endovaginal yaitu:

  • Mendeteksi kondisi panggul atau perut yang tidak normal.
  • Mendeteksi perdarahan vagina yang tidak normal.
  • Mendeteksi nyeri panggul.
  • Mendeteksi adanya kista dalam organ reproduksi.
  • Memastikan pemasangan IUD sudah tepat.

Jika dilakukan oleh dokter spesialis kandungan, hasil USG dapat dilihat secara langsung. Dengan melihat secara langsung, dokter spesialis kandungan dapat menjelaskan hasil pemeriksaan secara langsung. Selain itu dokter spesialis kandungan juga dapat melakukan pemeriksaan eksplorasi lanjutan pada daerah pemeriksaan USG, karena seringkali USG membutuhkan keahlian operatornya agar kelainan dapat terlihat dengan jelas.

Jika tidak, pemeriksaan USG transvaginal dilakukan oeh teknisi atau spesialis radiologi terlebih dahulu dan dicetak. Cetak pemeriksaan ini akan dikirimkan hasilnya pada dokter yang memintakan pemeriksaan. Lalu, dokter akan membicarakan temuan atau hasil tes pada pasien di pertemuan berikutnya. Selain itu, hasil cetak pemeriksaan USG transvaginal juga dapat digunakan untuk mengonsultasikan atau merujuk pasien pada dokter spesialis lain yang lebih ahli dalam menangani permasalahan yang ditemukan melalui pemeriksaan.

BAGAIMANA PROSEDUR PEMERIKSAAN USG TRANSVAGINAL?

Untuk prosedur ini, pasien diminta membuka pakaian dari pinggang ke bawah dan memakai pakaian khusus. Lalu, pasien akan berbaring dengan kaki yang terbuka lebar dan lutut menekuk. Setelah melapisi alat USG dengan kondom dan gel pelumas, dokter akan menyisipkannya ke dalam vagina. Dengan gelombang suara, alat tersebut mulai membuat gambar organ, yang langsung terlihat pada layar.

Prosedur ini tidak menyakitkan, sehingga tidak memerlukan obat bius. Namun kemungkinan pasien akan merasakan tekanan, yang oleh kebanyakan pasien masih bisa ditahan. Tekanan yang terasa sama seperti pada prosedur pap smear, ketika spekulum disisipkan melalui vagina untuk mengambil contoh sel dari rahim.

Sebagian besar pasien biasanya tidak memerlukan persiapan sebelum tes. Namun apapun alasan pasien menjalani USG, dokter perlu memperingati pasien untuk mengosongkan sebagian atau seluruh kandung kemih. Bila dokter perlu mengangkat usus pasien agar mendapat gambar organ panggul yang lebih jelas, ia akan meminta pasien untuk minum air sebanyak 32 ons sebelum menjalani USG. (RH/STE)

Daftar Pustaka

Herndon J, Higuera V. 2017. Marcin J, MD. [Reviewed]. What Is a Transvaginal Ultrasound?. Available at https://www.healthline.com/health/transvaginal-ultrasound


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store