Wanita Aktif Tak Terhindari Dari Duduk Terlalu Lama

131

Sebuah penelitian yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Feinberg, Universitas Northwestern mengungkapkan sebuah fakta yang mengejutkan bahwa seorang wanita yang aktif ternyata tetap menghabiskan waktu untuk  duduk dalam waktu yang cukup lama. Para ilmuwan yang melakukan penelitian ini menggunakan 91 wanita sehat berusia antara 40 sampai 75 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar wanita yang aktif secara fisik dan melakukan olahraga dengan rutin,  mereka tetap menghabiskan waktu untuk duduk rata-rata sekitar 9 jam dalam sehari

Pola hidup yang santai dan seringnya mengkonsumsi makanan olahan merupakan perilaku umum yang terjadi dalam kehidupan kita. Hal tersebut akan memperbesar risiko terjadinya obesitas atau berat badan yang berlebihan, kencing manis dan permasalahan kesehatan lainnya. Menghabiskan waktu terlalu lama untuk duduk juga bisa meningkatkan risiko terjadi keadaan tersebut dan terutama untuk para pekerja yang sering menghabiskan waktu bekerja di depan komputer selama berjam-jam tanpa istirahat dapat mempercepat penumpukan lemak.

Lynette L Craft, seorang asisten profesor bidang kedokteran preventif di Fakultas Kedokteran Feinberg, Universitas Northwestern menunjukkan bahwa dengan melakukan perubahan kecil dalam pekerjaan rutin yang Anda lakukan bisa membantu Anda jauh dari masalah obesitas. Anda bisa melakukan peregangan lengan dan kaki setiap beberapa jam, berjalan sebentar setiap beberapa jam sekali. Usahakan jangan hanya duduk dalam waktu terlalu. Hal ini dapat menunjukkan perbedaan yang besar dalam mengurangi terjadinya penyakit kronis seperti kencing manis, penyakit kardiovaskular, obesitas dan bahkan kanker.

Menerapkan gaya hidup sehat, melakukan diet seimbang, tidur minimal 8 jam dalam sehari tidak terlalu membantu Anda jauh dari semua penyakit yang berpotensi mengancam nyawa, tetapi bila Anda menggabungkannya dengan melakukan olahraga setidaknya 30-40 menit, yang dapat Anda bagi dalam beberapa sesi. Hal ini akan membantu membuat tubuh Anda lebih fleksibel dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.