Waspada Bahaya Meningitis Pada Neonatal

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

80

Meningitis neonatal adalah penyakit meningitis yang sering ditemukan pada bayi yang baru lahir, meningitis jenis ini disebabkan oleh salah satu virus atau infeksi akibat paparan bakteri. Salah satu virus yang menyebabkan timbulnya penyakit meningitis pada bayi disebut dengan herpes simplex. Sementara untuk kelompok bakteri yang menjangkit bayi baru lahir adalah hasil dari kelompok B. streptococcus, bakteri E.coli, Haemophilus influenza atau Listeria atau juga dikenal dengan sebutan HiB. Bahayanya, bakteri meningitis neonatal ini dapat menular melalui plasenta atau tali pusat ketika bayi masih berada dalam rahim atau selama proses persalinan.

 

Tak ada gejala khusus yang bisa menjadi penentu apakah buah hati Anda terkena meningitis ataukah tidak. Namun gejala umum yang harus Anda waspadai dan curigai yaitu demam tinggi, leher terasa kaku, sakit kepala, dan sensitif terhadap cahaya. Gejala-gejala tadi terkadang sangat sulit dikenali dan bahkan sering disalah-artikan oleh kebanyakan orangtua, karena gejala-gejala tadi hampir mirip dengan gejala-gejala penyakit lainnya. Gejala-gejala lain yang mungkin timbul apabila si kecil mengalami meningitis yaitu buah hati Anda menjadi sangat rewel, terlihat lesu, tidak mau menyusu, mulai muntah-muntah, tangan dan kaki dingin, diare terus menerus, kadang disertai dengan ruam-ruam di sekujur tubuh atau terdapat lebam-lebam, susah bernafas, bahkan disertai dengan kejang-kejang. Jika anak Anda sudah mengalami beberapa gejala tersebut, maka segera lakukan pemeriksaan kedokter dan melakukan pengujian laboratorium.

 

Apabila hasil laboratorium sudah ada dan penyebabnya sudah deketahui maka harus segera dilakukan penanganan intensif dengan rawat inap sebagai penanganan awal sesuai dengan jenis penyebabnya. Apabila penyebabnya berasal dari bakteri, maka dokter menangani dengan pemberian antibiotik khusus untuk bakteri penyebab meningitis. Namun apabila penyakitnya disebabkan oleh virus maka akan dilakukan pengobatan dengan menggunakan antivirus. Penanganan Meningitis Neonatal yang disebabkan karena virus memang cukup sulit, bahkan kebanyakan kasus dilakukan pemberian antivirus hanya untuk meringankan gejala dan menjaga bayi agar tetap hangat dan terhidrasi akibat virus meningitis.

 

Penyakit ini tidak akan terjadi, apabila ibu mengetahui cara pencegahannya. Cara pencegahannya yaitu ibu hamil harus bisa melakukan perawatan sebelum dan setelah persalinan. Misalnya dengan melengkapi imunisasi sebelum dan selama masa kehamilan, cek kesehatan rutin selama masa kehamilan, melakukan persalinan dengan pertolongan tenaga kesehatan, merawat tali pusat bayi dengan benar, serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari makanan yang mungkin terkontaminasi bakteri Listeria atau E.coli. Selain itu, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan laboratorium ketika ibu hamil dan mendekati usia kelahiran. Apabila saat pengujian, diketahui bayi terinfeksi virus, maka ibu hamil diberikan obat-obatan antiviral, atau lebih disarankan untuk melakukan persalinan caesar untuk mencegah penularan infeksi virus kepada bayi. (RA/STE)

 

Daftar Pustaka

https://doktersehat.com/waspadai-meningitisneonatal-pada-bayi-baru-lahir/

https://ibupedia.com/artikel/kesehatan/waspada-serangan-meningitis-pada-anak


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store