Waspada Bahaya “Ngelem”

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

280

Pernah dengar istilah “ngelem”? Sebenarnya apa sih ngelem itu? Kenapa ngelem dikatakan berbahaya, apalagi untuk anak anda? Yuk, kita simak informasi di bawah ini.

Ngelem adalah menghirup uap lem, zat pelarut, atau sejenisnya dengan maksud untuk mendapatkan sensasi baru atau kesenangan hati. Lem yang digunakan biasanya lem plastik, lem perabotan, atau lem alat rumah tangga. Umumnya efek akut bahan ini serupa dengan inhalasi ether atau mitrous oxyda (obat yang digunakan untuk anestesi bius umum) yang berupa euphoria ringan, mabuk, pusing kepala tetapi pengguna masih dapat mengontrol akal sehatnya. Sesudah itu, ia akan merasa bahwa dirinya tenang, namun pada akhirnya tidak jarang orang yang ngelem akan melakukan perilaku anti-sosial dan tindakan impulsive dan agresif.

Dari segi kesehatan disebutkan jika pecandu ngelem bisa mengalami dampak buruk berupa rusaknya susunan saraf yang ada pada otak. Bahkan organ otak sendiri bisa mengalami kerusakan parah yang jika dibiarkan begitu saja, maka bisa berakhir dengan kematian mendadak.

Aktivitas ngelem ini memang lebih susah dideteksi karena bahan dasarnya bisa didapatkan secara bebas, dimana saja, bahkan bisa kita dapati dijual diwarung atau kios kecil; tidak seperti bahan dasar obat terlarang lainnya Nah, sebagai orang tua, apakah yang harus kita lakukan untuk menghindarkan anak cucu kita dari bahaya ngelem? Cara paling ampuh tentu saja dengan pengawasan yang ketat, adanya bimbingan, arahan, dan perhatian kepada anak kita. Kita harus tahu dengan siapa anak-anak kita bergaul, kapan waktu pulang sekolah, serta tidak lupa menerapkan ajaran-ajaran agama dan disiplin pada mereka. Lingkungan sekolah juga sangat berperan dalam hal ini. Bimbingan dan konseling dari guru sangat dibutuhkan. Selain itu himbauan kepada pedangang lem agar tidak menjual produk tersebut kepada anak-anak dan remaja. (EDA/CM)

Sumber :

  1. Herningsih et all. Penyebab terjadinya perilaku menyimpang “ngelem” pada siswa di SMPN 3 Subah Kab. Sambas. FKIP UNTAN Pontianak.
  2. Hindarkan Anak Anda dari “Ngelem”. https://edukasi.kompas.com/read/2008/04/29/21210049/Hindarkan.Anak.Anda.dari.Ngelem
  3. Totting Y. 2015. Apasih ngelem itu?. Kompasiana. https://kompasiana.com/yusnita_nita/apasih-ngelem-itu_5651c88e937a61f5155866c3

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store