Waspada Penyebaran Virus Corona: Terapkan Langkah Pencegahan

77

Pada awal tahun 2020 teridentifikasi virus baru yang mewabah di Wuhan, Cina dan mulai menyebar ke negara-negara lain. Virus ini termasuk dalam kelas coronavirus, yang disebut dengan 2019-nCoV.

Virus 2019-nCoV menular dari hewan ke manusia saat pertama kali ditemukan, namun saat ini telah terbukti adanya penularan dari manusia ke manusia. Gejala yang muncul pertama kali adalah demam, batuk, dan sesak nafas. Pada kasus yang lebih berat, infeksi 2019-nCoV dapat mengakibatkan pneumonia, gagal nafas, gagal ginjal, bahkan kematian.

Pemerintah saat ini sudah menerapkan langkah-langkah untuk mengupayakan agar virus corona tidak masuk ke Indonesia, salah satunya adalah dengan deteksi dini menggunakan thermal scanner di pintu-pintu masuk negara. Masyarakat disarankan untuk tidak khawatir berlebihan, tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat setiap hari, rutin beraktivitas fisik, makan sayur dan buah, serta rutin periksakan kesehatan untuk mencegah penularan penyakit.

Berikut ini beberapa langkah pencegahan infeksi virus corona:

  • Rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau pembersih tangan berbasis alkohol. Cuci tangan saat:
  • Setelah batuk atau bersin
  • Merawat orang sakit
  • Sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan
  • Sebelum makan
  • Setelah menggunakan toilet
  • Tangan terlihat kotor
  • Setelah menyentuh hewan atau menangani kotoran hewan
  • Tutup hidung dan mulut ketika batuk atau bersin menggunakan tissue atau lengan atas dengan posisi siku ditekuk. Setelah digunakan, segera buang tissue ke dalam tempat sampah yang tertutup.
  • Gunakan alat pelindung diri, misalnya dengan menggunakan masker bedah atau lebih disarankan menggunakan masker N95 serta penggunaan sarung tangan bila diperlukan. Hindari kontak langsung dan tidak terproteksi dengan orang yang menunjukan gejala (termasuk menyentuh mata, hidung atau mulut) dan hewan yang hidup atau pasar hewan.
  • Konsumsi daging dan telur yang matang. Gunakan pisau dan talenan yang berbeda untuk daging mentah dan makanan yang sudah dimasak. Hewan yang diketahui sakit atau mati karena sakit sebaiknya tidak dimakan.
  • Hindari bepergian jika mengalami demam atau batuk. Jika mengalami gejala terutama selama atau setelah perjalanan dari Cina, disarankan untuk segera mendatangi fasilitas kesehatan terdekat. (PK)

Referensi:

World Health Organization. Novel Coronavirus (2019-nCoV) advice for the public. Available at: https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public Diakses 29 Januari 2020

Kementerian Kesehatan RI. Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Infeksi. Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel Coronavirus (2019-nCoV). 2020

PB Perhimpunan Respirologi dan Penyakit Kritis (Indonesia Society of Respirologi). Tatalaksana Klinis Infeksi Saluran Napas Terduga Infeksi Novel Corona Virus (nCoV). 2020

Centers for Disease Control and Prevention US. 2019 Novel Coronavirus, Wuhan, China. Information for Travelers. 2020