Waspadai Bahaya Tidur Berlebihan

183

Tidur merupakan salah satu kebutuhan utama manusia. Manusia dewasa disarankan untuk tidur selama 6 hingga 8 jam sehari. Itu berarti hampir sepertiga hidup manusia dihabiskan untuk tidur. Ketika sedang tidur, tubuh melakukan proses memperbaiki dan menyeimbangkan sistem organ di dalam tubuh mulai dari otak, hati, ginjal, jantung, dan sebagainya. Hal ini bertujuan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan dapat berfungsi dengan normal. Akan tetapi seringkali beberapa di antara kita tidur dengan durasi melebihi ketentuan 6 jam hingga 8 jam sehari. Hal ini tentu dapat mempengaruhi kesehatan dalam jangka panjang. Nah, apa saja dampak dari tidur berlebihan? Mari kita simak berikut ini.

  1. Kelelahan dan obesitas

Tidur yang berlebihan dapat membuat Anda merasa lebih lelah. Hal ini karena semakin lama Anda tidur, semakin rendah suhu tubuh Anda, sehingga menyebabkan kelelahan yang ekstrem dan rasa lesu setelah bangun tidur. Selain itu, tidur yang berlebihan membuat Anda berisiko mengalami obesitas, karena tubuh Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pulih dari tidur yang berlebihan dan mulai membakar kalori di dalam tubuh.

  1. Depresi

Depresi merupakan kerugian umum yang didapat dari tidur yang berlebihan. Hal ini merupakan fakta bahwa semakin lama Anda tidur, aktivitas fisik pun menjadi berkurang, sehingga jumlah endorfin menurun, padahal endorfin berfungsi untuk membangun mood Anda.

  1. Diabetes dan sakit jantung

Studi telah menunjukkan bahwa diabetes dan sakit jantung berhubungan dengan tidur yang berlebihan. Karena metabolisme glukosa (gula) dan lemak di dalam tubuh menjadi lambat dan dapat menumpuk dalam tubuh Anda.

  1. Sakit kepala

akit kepala merupakan penyakit umum yang dialami karena tidur yang berlebihan. Tidur dalam waktu yang lama, memiliki efek negatif pada neurotransmitters di dalam otak Anda yang aktif selama tidur. Hal ini menyebabkan rasa sakit di kepala ketika Anda bangun.

“Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik”. Mungkin ini ungkapan yang tepat bagi Anda yang suka tidur berlebihan. Selain membahayakan kesehatan Anda, kebiasaan ini juga menyita waktu Anda yang berharga untuk lebih produktif dan berkumpul bersama orang yang Anda sayangi. (BR/CM)

DAFTAR PUSTAKA

https://www.webmd.com/sleep-disorders/guide/physical-side-effects-oversleeping#1