Waspadai Ciri-Ciri Kurang Gizi

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

217

Kekurangan gizi adalah salah satu tanda dimana tubuh Anda tidak mendapatkan nutrisi yang mencukupi untuk kesehatan tubuh. Mungkin selama ini Anda mengira bahwa hanya orang yang bertubuh kurus saja yang kekurangan gizi. Namun nyatanya, orang gemuk pun bisa mengalami kekurangan gizi. Ciri-ciri kurang gizi klasik yang paling umum muncul termasuk kepala yang terasa berkunang atau tubuh akan mengalami sindrom 3L yaitu letih, lemah, dan lesu. Tapi ada sejumlah tanda aneh yang mungkin kerap Anda alami tapi tidak pernah disadari bahwa ini disebabkan oleh pola makan Anda yang buruk. Berikut ciri-ciri tubuh kekurangan gizi:

  1. Rambut rapuh

Rambut rontok adalah wajar. Pada umumnya rambut bisa rontok hingga 50-100 helai per hari. Tapi penipisan yang berlebihan bisa menjadi pertanda tubuh Anda tidak cukup nutrisi. Kurangnya vitamin B5, B6, B12, dan biotin atau klorin dapat menjadi penyebab dari hal ini. Vitamin-vitamin ini akan membantu membuat kolagen salah satu nutrisi penting untuk menjaga pertumbuhan rambut sehat dan kuat. Sedangkan biotin mungkin juga memainkan peran dalam menjaga kesehatan rambut. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa hampir empat dari 10 wanita yang dilaporkan menderita kerontokan rambut mengalami kekurangan biotin.

  1. Kulit kering bersisik

Kulit kering bersisik adalah salah satu tanda umum dari penuaan, yang juga sering menjumpai Anda selama cuaca dingin dan kering. Tapi jika kulit Anda terasa lebih kering dari biasanya hingga gatal-gatal dan iritasi, mungkin Anda kurang  vitamin A, B3, biotin, B8, C, E, asam lemak omega 3, tembaga, selenium, dan seng. Jadi disarankan Anda untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin-vitamin seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya untuk menjaga kesehatan kulit.

  1. Kelemahan otot atau kram otot

Jika Anda terus-terusan mengalami kekakuan otot atau kram otot, bahkan di saat Anda aktif bergerak, mungkin ini bisa menjadi pertanda bahwa tubuh Anda kekurangan magnesium yang merupakan salah satu mineral yang membantu mengatur fungsi tubuh. Gejala lain dari asupan magnesium yang buruk juga dapat mencakup wajah kedutan, kurang tidur, dan nyeri kronis. Disarankan Anda untuk mengonsumsi magnesium yang berasal dari almond, kacang tanah, biji labu, biji bunga, matahari, kacang mete dan kakao.

  1. Kulit nampak pucat

Kulit yang pucat menandakan Anda kekurangan zat besi yang menyebabkan ukuran sel darah merah menjadi menciut, lebih sedikit dan kusam terutama di daerah lapisan kelopak mata dan dinding dalam pipi. Untuk dapat mengetahui lebih pasti apakah Anda benar kekurangan zat besi, perlu lewat tes dokter. Mereka yang beresiko mengalami hal ini adalah ibu hamil, mereka yang mendonorkan darah secara teratur, mereka yang punya pola makan buruk, dan vegetarian. Anda dapat mengonsumsi hati dan daging merah yang merupakan makanan yang kaya dengan zat besi, atau konsumsi bayam, brokoli, atau suplemen zat besi untuk memperbaikinya. (RA)

Daftar Pustaka

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/ciri-ciri-kurang-gizi-aneh-pada-tubuh/

https://merdeka.com/sehat/ini-6-tanda-tubuh-kekurangan-gizi.html


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store