Waspadai Tanda Kehamilan

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi, Tanpa Antri

309

Menanti kelahiran tentunya menggembirakan, namun bunda pasti mengerti bagaimana “gelisah”nya hati ini ketika menanti saat itu. Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia masih menunjuk-kan penurunan yang lambat. Hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI), pada tahun 2007 AKI mencapai 228 jiwa per 100.000 kelahiran. Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (2010) terus mengupayakan angka tersebut turun menjadi 102 jiwa pada tahun 2015.

WHO memperkirakan sekitar 15% dari seluruh wanita hamil mengalami komplikasi dalam yang kehamilannya dan dapat mengakibatkan kematian ibu dan janin. Untuk itu, mengenali tanda-tanda bahaya pada kehamilan menjadi salah satu kunci untuk mencegah kejadian kematian ibu dan janin. Saat ini, penyebab kematian tertinggi adalah: perdarahan (25%), infeksi (15%), aborsi yang tidak aman (13%), eklampsia (12%), persalinan yang buruk (8%), penyebab obstetrik langsung lainnya (8%), dan penyebab tidak langsung (20%) (WHO, 2005).

Nah, mari kita belajar mengenai tanda bahaya kehamilan. Jika bunda menjumpai satu diantara beberapa gejala di bawah ini, segera hubungi bidan atau dokter yang mengawasi kehamilan anda.

Trimester I (0 – 12 minggu)

  • Mual muntah berlebihan
  • Sakit kepala yang hebat dan menetap
  • Pemglihatan yang kabur
  • Kelopak mata yang pucat (anemia)
  • Demam tinggi

Trimester II (12 – 27 minggu)

  • Perdarahan lewat jalan lahir
  • Nyeri perut yang hebat
  • Kurangnya pergerakan janin

Trimester III (28 – 40 minggu)

  • Bengkak pada wajah, kaki dan tangan
  • Keluar air ketuban sebelum waktunya
  • Perdarahahan lewat jalan lahir

Kini bunda sudah tahu semua gejala atau tanda yang harus diwaspadai, ayo lakukan deteksi dini supaya bunda dan janin selalu dalam kondisi yang aman dan sehat. Jangan lupa untuk rutin mengunjungi fasilitas kesehatan selama masa kehamilan. Sedikitnya harus ada empat kali kunjungan ke fasilitas kesehatan selama periode kehamilan.

Keselamatan ibu dan janin bergantung sepenuhnya pada kepedulian kita sebagai ibu. Pengetahuan hari ini harus diingat terus ya bun, bagikan juga bagi teman bunda yang sedang hamil. Salam sehat ibu dan janin! (EDA/CM)

Sumber :

  1. Isdiaty F, Ungsianik T. 2013. Pengetahuan tanda bahaya kehamilan dan perilaku perawatan kehamilan pada ibu hamil trimester III.Jurnal Keperawatan Indonesia Volume 16 No.1.
  2. Wenas R, et al. 2014. Pengaruh promosi kesehatan tentang tanda bahaya kehamilan terhadap pengetahuan ibu hamil di puskesmas amurang kabupaten minahasa selatan. Jurnal Ilmiah Bidan Volume 2 No,2

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store