Whole Grains (Biji-Bijian Utuh): Pilihan Untuk Diet Sehat

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

174

Menjaga berat badan saat ini bukan hanya menjadi permasalahan kaum perempuan saja. Kaum pria pun mulai memperhatikan berat badan karena semakin banyak orang yang sadar bahwa berat badan berlebih berisiko menyebabkan berbagai penyakit. Salah satu cara menjaga berat badan yang terkenal ada dengan mengonsumsi whole grains. Apa itu?

Semua jenis grains (biji-bijian) adalah sumber karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral yang baik. Namun, salah satu jenis biji-bijian yang sehat, dan merupakan pilihan tepat untuk diet sehat yaitu whole grains. Whole grains memiliki serat yang tinggi, sehingga dapat membantu Anda cepat merasa kenyang dan membuat lebih mudah untuk menjaga berat badan yang sehat.

Nah, apa saja sih kandungan whole grains sehingga direkomendasikan untuk menjadi pilihan diet?

Apa sih whole grains?

Whole grains sering diasosiasikan dengan jenis makanan bertepung dalam versi lebih sehat. Roti whole grains, tepung whole grains, merupakan beberapa jenis produk olahan. Tetapi sebenarnya, whole grains merupakan jenis biji-bijian yang belum mengalami proses pengolahan atau penggilingan. Biji-bijian ini dapat berupa gandum, beras, sorgum, quinoa, bahkan popcorn.

Whole grains mengacu pada biji-bijian yang masih mengandung seluruh bagian yang bisa dimakan dari biji tersebut. Seluruh bagian dari biji-bijian ini bermanfaat bagi kesehatan karena banyak mengandung zat gizi yang diperlukan tubuh seperti misalnya serat, vitamin B, antioksidan, zat besi, tembaga, selenium, potasium, dan magnesium.

Contoh whole grains meliputi:

  1. Beras merah
  2. Popcorn
  3. Oatmeal
  4. Beras hitam
  5. Beras coklat
  6. Jelai
  7. Barley
  8. Soba
  9. Quinoa
  10. Sorum
  11. Roti, pasta atau biscuit gandum utuh

Apa manfaat whole grains bagi tubuh?

Whole grains memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda antara lain:

  1. Mengandung banyak serat
  2. Melancarkan pencernaan
  3. Menurunkan kadar kolesterol
  4. Menurunkan tekanan darah.
  5. Proteksi gigi dan mulut
  6. Mengurangi risiko asma
  7. Membantu mengontrol berat badan

Apa yang perlu diperhatikan jika mengkonsumsi whole grains?

Jika Anda mengkonsumsi whole grains, mungkin perlu untuk tetap mendapatkan asam folat yang cukup. Sementara sebagian besar produk olahan biji-bijian utuh biasanya tidak diperkaya dengan asam folat.

Olehnya, carilah whole grains yang telah diperkaya dengan asam folat, seperti beberapa sereal siap makan. Makan banyak makanan kaya folat lainnya, termasuk buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Asam folat sangat penting bagi wanita yang ingin hamil dan hamil.

Makan berbagai biji-bijian tidak hanya memastikan bahwa Anda mendapatkan lebih banyak nutrisi yang meningkatkan kesehatan tetapi juga membantu membuat makanan dan camilan menjadi lebih menarik. (LM)

Referensi

https://www.health.com. (2018). Retrieved from https://www.health.com/food/18-health-benefits-of-whole-grains

The whole truth about whole grains. (2018). Retrieved from https://www.mayoclinic. org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/whole-grains/art-2004 7826


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store