WISATA DENGAN KONDISI PENYAKIT KRONIS

73

Meskipun bepergian bisa membuat kita santai dan memuaskan, tuntutan fisik perjalanan bisa membuat kita stres, terutama bagi pelancong dengan penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, asma, atau radang sendi. Dengan perencanaan dan persiapan, orang dengan penyakit kronis dapat memiliki perjalanan yang aman dan menyenangkan.

Jika Anda memiliki penyakit kronis dan merencanakan perjalanan, kunjungilah fasilitas layanan kesehatan Anda setidaknya sebulan sebelum Anda pergi. Beberapa penyakit kronis dan obat-obatan, seperti steroid, dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi selama perjalanan.

Sebelum pergi

  1. Pelajari tentang masalah kesehatan dan keselamatan di tempat tujuan Anda.
  2. Diskusikan rencana perjalanan Anda dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk memastikan Anda mendapatkan vaksin dan obat spesifik tujuan, seperti vaksin demam kuning atau obat-obatan untuk mencegah malaria.
  3. Menentukan obat apa saja untuk perjalanan, pastikan obat apa yang Anda gunakan secara rutin tidak menganggu dengan penggunaan obat yang spesifik digunakan untuk perjalanan, untuk mencegah interaksi obat.
  4. Jika Anda berencana untuk pergi lebih dari 30 hari, bicarakan dengan dokter Anda tentang bagaimana Anda bisa mendapatkan obat yang cukup selama perjalanan Anda.
  5. Kemasi perlengkapan kesehatan perjalanan dengan resep Anda dan obat-obatan bebas lainnya, persediaan pertolongan pertama, dan kartu asuransi kesehatan Anda.
  6. Bawalah kartu dengan informasi tentang kondisi Anda, termasuk alergi obat atau makanan. Jika perlu, kenakan gelang peringatan medis atau perhiasan medis lainnya dengan informasi ini.

Saat bepergian

  1. Bersikap realistis tentang apa yang dapat Anda capai dalam sehari. Jangan terlalu sibukkan diri Anda selama bepergian dan jangan lupa untuk meluangkan periode istirahat yang teratur.
  2. Perhatikan apa yang Anda makan. Jika Anda terbiasa mengendalikan penyakitr kronis dengan diet dan olahraga, cobalah untuk tidak sepenuhnya meninggalkan kebiasaan baik tersebut saat bepergian.
  3. Sangat penting bagi orang dengan kondisi penyakit kronis untuk mendapatkan informasi tentang fasilitas medis yang tersedia di daerah tujuan wisata. Juga, mencari nama penyedia layanan kesehatan untuk dihubungi jika terjadi keadaan darurat. (LM)

Referensi :

Prevention, C. (2018). Travelers with Chronic Illnesses | Travelers’ Health | CDC. Retrieved from

https://wwwnc.cdc.gov/travel/page/chronic-illnesses

12 Tips for Traveling With a Chronic Illness – My Adventure Bucket. (2018). Retrieved from

https://myadventurebucket.com/2018/03/23/12-tips-traveling-with-a-chronic-illness/

Traveling with Chronic Conditions | Johns Hopkins Medicine Health Library. (2018). Retrieved from

https://hopkinsmedicine.org/healthlibrary/conditions/travel_medicine/traveling_with_chronic_conditions_85,P01423


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store