Yang Anda Perlu Tahu Seputar Varisela

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

499

Varisela, yang juga dikenal dengan cacar air, adalah infeksi menular yang disebabkan oleh virus Varicella zoster. Penyakit ini ditandai dengan ruam lepuh dan bintik merah gatal yang muncul di seluruh tubuh. Cacar air sangat menular pada orang-orang yang belum menderita penyakit atau divaksinasi.

Penyakit ini sering terjadi pada usia pada anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan bisa terjangkit pada orang dewasa dan biasanya gejala yang muncul lebih berat dari pada anak-anak. Meski tidak dapat mengancam jiwa, tetapi penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi.

Cacar air disebabkan oleh virus varicella zoster yang memiliki masa inkubasi 10-21 hari. Penyakit ini sangat menular, penularan terjadi dengan sangat mudah, yaitu melalui kontak langsung dengan cairan lepuh bintik, ludah (saliva), batuk, dan bersin. Sebelum ruam muncul, akan muncul gejala yang dapat berlangsung beberapa hari yaitu:

  1. Demam, yang biasanya lebih buruk pada orang dewasa daripada anak-anak
  2. Sakit kepala
  3. Sakit otot
  4. Kehilangan selera makan
  5. Dalam beberapa kasus, terdapat perasaan mual

Satu atau dua hari setelah mengalami gejala-gejala ini, ruam klasik akan mulai berkembang. Ruam akan melewati beberapa fase sebelum pulih. Awalnya ruam menutupi seluruh tubuh, kemudian ruam akan berkembang menjadi bintik-bintik dalam kelompok dan umumnya muncul di wajah, anggota badan, dada, dan perut, setelah itu timbul lepuh di bagian atas. Bintik-bintik ini bisa menjadi sangat gatal. Dalam waktu sekitar 48 jam akan mulai mengering dan berkembang menjadi kerak. Fase penyembuhan   terjadi dalam waktu sekitar 10 hari. Setelah penyembuhan kemungkinan bintik baru dapat muncul.

Beberapa orang memiliki faktor resiko lebih besar terkena cacar air, di antaranya adalah:

  1. Orang yang belum terkena cacar air sebelumnya
  2. Belum divaksinasi untuk cacar air
  3. Baru saja berhubungan dengan orang yang terinfeksi.
  4. Berusia di bawah 12 tahun.
  5. orang dewasa yang tinggal bersama anak-anak.
  6. Telah menghabiskan waktu di sekolah atau fasilitas penitipan anak.
  7. Sistem kekebalan tubuh sedang terganggu karena penyakit atau obat-obatan.

Varicella dapat menyebabakan beberapa komplikasi misalnya infeksi bakteri pada ruam. Komplikasi biasanya terjadi pada bayi, orang tua, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, serta ibu hamil. Wanita yang terpajan selama kehamilan juga dapat melahirkan anak-anak dengan cacat lahir, termasuk pertumbuhan yang buruk, ukuran kepala kecil, masalah mata, cacat intelektual.

Cacar air umumnya sembuh dalam satu atau dua minggu tanpa pengobatan. Dokter akan meresepkan obat untuk menurunkan demam dan rasa sakit serta rasa gatal. Pastikan jumlah cairan cukup karena dehidrasi juga dapat menurukan imunitas yang berguna untuk melawan penyakit ini. Pencegahan varisela dapat dilakukan dengan pemberian vaksinasi. (LM/CM)

Referensi:

  1. Chickenpox: Overview, Causes, and Symptoms. (2018). Retrieved from https://www. healthline.com/health/chickenpox#prevention/
  2. GDPR consent required. (2018). Retrieved from https://www.medicalnewstoday. com/articles/239450.php/

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store