Yoga bagi pemula: manakah yang cocok untuk saya?

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

88

Pernahkah Anda mendengar olahraga yoga? Saat ini yoga begitu terkenl sebagai salah satu olahraga yang digemari. Terlebih karena yoga dikenal memiliki berbagai manfaat. Apa yang Anda ketahui tentang yoga? Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut, simak artikel berikut!

 

Yoga tidak hanya membantu tubuh menjadi lebih segar dan bugar, tapi juga membantu Anda mengendalikan stres dan mengurangi kecemasan. Nah, sebelum Anda memutuskan mengikuti kelas yoga, tidak ada salahnya mengetahui dengan jelas jenis yoga apa yang paling cocok untuk Anda sebagai pemula.

 

  1. Pranayama

Pranayama merupakan jenis latihan untuk pengaturan fungsi pernapasan. Pernapasan merupakan hal penting bagi kesehatan tubuh. Jika napas diatur dengan sebuah irama maka akan menyehatkan badan dan pikiran kita. Hal ini terjadi karena yoga membantu agar napas menjadi lebih teratur dan volume paru dimaksimalkan. Jika diperhatikan dari postur posisi meditasi pranayama, manfaat yoga ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung, seperti hipertensi dan jantung koroner. Pranayama juga dapat memperkuat paru-paru untuk meningkatkan penyerapan oksigen dan  mengeluarkan sisa pernapasan dengan baik.

 

  1. Hatha

Sebagian besar jenis yoga yang ada saat ini bisa dikategorikan sebagai Hatha Yoga, karena biasanya berfokus pada menyelaraskan (alignment) latihan fisik dengan pernapasan. Kalau Anda pernah dengar Ashtanga, Vinyasa, Iyengar, dan Power Yoga, jenis tersebut juga bisa dikategorikan sebagai Hatha Yoga, walau pun pada praktiknya, biasanya tempo atau pace dari Hatha Yoga lebih tenang atau lambat. Gerakan ini sangat cocok bagi Anda yang baru saja mulai mencoba yoga, karena berlatih Hatha akan membuat Anda lebih bisa mengenali postur dasar dan mengenali nama-nama dari postur lebih mudah. Tempo Hatha Yoga yang tenang dapat membuat Anda juga bisa mendalami setiap postur dengan lebih baik. Dengan latihan rutin Hatha Yoga, Anda juga dapat memperbaiki postur tubuh Anda dan menjadikan tubuh Anda lebih lentur. Jenis Hatha Yoga yang beragam pun membantu Anda untuk terus beryoga tanpa bosan karena Anda dapat mencoba berbagai jenis tempo Hatha Yoga yang ada.

 

  1. Asana

Asana adalah gerakan yoga yang berhubungan dengan posisi tubuh. Posisi Asana terdiri dari gerakan kelenturan, gerakan memutar dan keseimbangan yang digabungkan. Gerakan ini berbeda dengan jenis yoga lainnya sebab manfaat yoga Asana mengutamakan postur tubuh, konsentrasi pada pikiran dan memfokuskan pernapasan. Latihan yoga ini juga layaknya latihan beban karena Anda harus menahan berat badan sendiri. Manfaat yoga ini utamanya adalah otot semakin kuat, kesimbangan tubuh terjaga, meningkatnya daya tahan tubuh dan vitalitas.

 

Jika Anda telah berhasil melakukan tiga jenis gerakan joga diatas, Anda dapat melanjutkan kegerakan-gerakan berikutnya. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (RA/STE)

 

Daftar Pustaka

https://sahabatnestle.co.id/content/gaya-hidup-sehat/kenali-jenis-dan-manfaat-yoga-yang-paling-cocok-untuk-anda.html


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store