YUK CARI TAHU PERBEDAAN ESSENCE & SERUM!

11

Bagi Anda, khususnya para wanita yang memiliki kegemaran pada skin care pasti tidak asing dengan produk berbentuk essence dan serum. Mungkin secara sekilas essence dan serum terlihat sama, namun sesungguhnya produk tersebut berbeda. Lalu apa perbedaannya? Apa hanya sekedar perbedaan fisik? Apa fungsinya juga berbeda? Lebih baik menggunakan essence atau serum? Yuk simak tulisan berikut untuk tahu jawabannya!

  • Essence

Biasanya essence digunakan setelah memakai toner wajah dan sebelum memakai serum. Essence merupakan skincare yang dapat bertekstur cair, gel dan cream. Menggunakan essence dapat membantu menutrisi dan mempersiapkan kulit untuk menerima skincare berikutnya. Essence memiliki kandungan konsentrat dan formula yang lebih rendah rendah dari serum. Fungsi essence tidak seintensif serum untuk mengatasi permasalahan kulit. Essence sering disebut dengan serum ringan karena memiliki beberapa kandungan bahan aktif yang hampir sama dengan serum, namun lebih rendah konsentrasinya. Fungsi utama essence adalah untuk melembabkan kulit dan memberikan tambahan hidrasi pada kulit sebelum pengaplikasian serum wajah.

  • Serum

Serum memiliki formula yang lebih pekat jika dibandingkan dengan essence. Selain itu, serum biasanya diformulasikan untuk seluruh jenis kulit namun focus pada tujuan atau permasalahan kulit tertentu sehingga bekerja lebih intensif. Serum memiliki konsentrat dan formula yang lebih tinggi dari essence. Penggunaan serum disarankan setelah pemakaian essence, walaupun juga dapat langsung digunakan setelah toner tanpa essence. Serum tinggi akan kandungan bahan aktif yang bisa diserap kulit dengan sangat baik. Biasanya  serum digunakan dua kali dalam sehari 1-2 tetes setiap penggunaan pada wajah dan leher.

  • Lebih baik essence atau serum?

Mungkin dari penjelasan diatas membuat kesan penggunaan serum lebih baik karena memiliki fungsi yang lebih spesifik. Namun bukan berarti pemakaian essence tidak berarti, walau penggunaan serum bisa tanpa didahului essence. Alangkah baiknya menggunakan essence terlebih dahulu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari penggunaan serum.

Untuk pemilihan essence dan serum pastikan menyesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit wajah Anda. Banyaknya skincare yang beredar di pasaran disertai ulasan yang menarik sering kali membuat orang membeli tanpa menyesuaikan kebutuhan kulitnya. Untuk harganya, rata-rata harga serum lebih mahal dibandingkan harga essence. Hal tersebut terbilang wajar mengingat fungsi serum yang lebih spesifik. Bagi Anda yang berkulit sensitive, ada baiknya Anda mencoba terlebih dahulu pada kulit bagian belakang telinga untuk mengetahui reaksinya terhadap kulit Anda. Bila Anda masih ragu untuk memilih essence, serum ataupun produk skincare lainnya yang cocok dengan kulit Anda sebaiknya Anda konsulkan dahulu dengan dokter kulit atau dermatologist Anda. (LAM)

REFERENSI

Kaul S, Gulati N, Verma D, Mukherjee S, Nagaich U. Role of Nanotechnology in Cosmeceuticals: A Review of Recent Advances. J Pharm (Cairo). 2018;2018:3420204. Published 2018 Mar 27. doi:10.1155/2018/3420204

Cho S, Oh S, Kim NI, et al. Knowledge and Behavior Regarding Cosmetics in Koreans Visiting Dermatology Clinics. Ann Dermatol. 2017;29(2):180–186. doi:10.5021/ad.2017.29.2.180

Sethi A, Kaur T, Malhotra SK, Gambhir ML. Moisturizers: The Slippery Road. Indian J Dermatol. 2016;61(3):279–287. doi:10.4103/0019-5154.182427