Yuk, Mengenal Psoriasis

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

145

Psoriasis adalah penyakit peradangan kulit menahun. Penyakit ini umumnya ditandai dengan ruam memerah, kulit terkelupas, menebal, terasa kering, dan bersisik. Tanda-tanda tersebut juga terkadang disertai rasa gatal atau perih.

Psoriasis muncul ketika produksi sel-sel kulit tubuh terjadi secara berlebihan. Pada kondisi normal, tubuh akan memproduksi dan mengganti sel-sel kulit yang mati dalam beberapa minggu sekali. Sementara pengidap psoriasis akan mengalaminya dalam hitungan hari sehingga terjadi penumpukan sel kulit yang akhirnya membentuk penebalan.

Lokasi dan Gejala Psoriasis

Semua bagian tubuh bisa terserang gejala psoriasis. Namun, kondisi ini biasanya muncul pada lutut, punggung bagian bawah, siku, atau kulit kepala. Anda bisa mengetahui ciri psoriasis dengan kondisi adanya bercak kulit warna putih atau merah yang bersisik tebal. Umumnya, orang dengan psoriasis akan mengalami beberapa hal berikut ini:

  • Bagian kulit memerah terasa tebal, kering, dan bersisik
  • Kulit pecah-pecah yang terkadang bisa berdarah
  • Sendi-sendi yang membengkak dan kaku
  • Kuku yang menebal dengan tekstur tidak rata

Perhatikan tanda-tanda bila kuku sudah mulai berubah warna, kuku mudah hancur dan mulai menebal.

Penyebab Psoriasis

Penyebab psoriasis belum diketahui secara pasti. Namun, penyakit ini diduga terkait dengan gangguan autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh yang keliru menyerang sel-sel kulit yang sehat. Faktor keturunan juga dianggap berperan dalam munculnya psoriasis. Di samping itu, ada sejumlah faktor pencetus yang diduga bisa memicu penyakit ini. Di antaranya adalah infeksi tenggorokan, stres, obesitas, mengidap HIV, cedera pada kulit, serta akibat penggunaan obat-obatan tertentu. Ada beberapa hal yang dapat memicu timbulnya gejala, yaitu:

  • Stress

Stres juga bisa menjadi pemicu psoriasis muncul dan semakin parah kondisinya. Anda harus belajar atau sebisa mungkin menghindari stres untuk mencegah bercak psoriasis muncul.

  • Alkohol

Penggunaan alkohol berat bisa memicu psoriasis muncul. Jika Anda menggunakan alkohol secara berlebihan, psoriasis mungkin lebih sering terjadi.

  • Cedera

Kecelakaan, luka, atau goresan bisa memicu psoriasis muncul. Selain itu, suntikan,  vaksin, dan sinar matahari juga bisa menjadi penyebab Anda terkena psoriasis.

Penanganan psoriasis tergantung pada jenis serta tingkat keparahan gejala yang diderita pasien. Psoriasis bisa ditangani dengan obat oles, fototerapi, konsumsi obat-obatan, serta suntikan. Pengobatan ini tidak bisa menyembuhkan psoriasis, tapi bertujuan meringankan gejala dan memperbaiki tekstur kulit yang terserang penyakit ini. (EDA/CM)

Sumber:


Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store