Zumba Untuk Kebugaran Tubuh

#PribadiRahasia Konsultasi Dokter Lewat Aplikasi

147

Berolahraga sambil mendengarkan musik memberikan suatu kesenangan tersendiri sehingga memicu tubuh kita untuk tidak berhenti bergerak. Zumba merupakan salah satu olahraga yang sedang tren saat ini, dimana latihan kebugaran yang gerakannya terdiri dari perpaduan tarian salsa dan gerakan tari latin. Gerakan latihan ini juga menyisipkan koreografi senam aerobik, sehingga terkesan seperti olahraga sambil menari. Perpaduan berbagai gerakan dansa seperti cha-cha, salsa, tango, sampai flamenco dengan diiringi musik menjadi sebuah olahraga yang menarik sekaligus menyehatkan.

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari melakukan olahraga Zumba, antara lain:

  1. Pembakaran Kalori dan Lemak

Zumba merupakan latihan kardio yang memberikan pembakaran kalori besar melalui aktivitas aerobik yang dilakukan. Rata-rata orang membakar kalori 600-1000 kalori dalam satu sesi zumba. Adanya interval dan intentitas musik serta jenis gerakan yang berbeda-beda, melibatkan pembakaran kalori dan lemak secara signifikan.

2. Peningkatan Koordinasi Tubuh

Manfaat zumba untuk kesehatan lainnya ialah peningkatan koordinasi tubuh dengan cara mengingat gerakan yang harus dilakukan saat mendengarkan irama musik. Latihan koordinasi tubuh ini sangat penting, karena dengan seiring bertambahnya usia akan terjadi penurunan kinerja koordinasi tubuh.

3. Latihan Tubuh yang Maksimal

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, zumba memberikan latihan pada kinerja tubuh secara keseluruhan. Mulai dari kepala, bahu, mengendurkan otot leher, mengencangkan tubuh bagian atas, mengatur pergerakan pergelangan kaki-tangan, serta mengencangkan otot dan persendian.

4. Membangun Ketahanan Tubuh

Manfaat zumba juga yaitu untuk membangun ketahanan tubuh secara signifikan dengan cara yang menyenangkan. Latihan menggunakan musik dapat mempertahankan mood, sehingga membuat Anda merasa tidak seperti melakukan olahraga karena dilakukan dengan fun.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Latihan zumba dapat meningkatkan rasa percaya diri melalui latihan rutin dan pengembangan postur tubuh yang lebih baik. Melalui latihan fisik serta koordinasi tubuh yang jauh lebih baik akan memberikan rasa percaya diri dengan penampilan yang segar dan bugar.

6. Menghilangkan Stres

Sebagai latihan fisik atau olahraga yang dilakukan sambil mendengarkan musik, zumba sangat efektif menghilangkan stres. Gerakan yang cepat dan sangat spesifik mendukung pelepasan endorfin yang dapat meningkatkan suasana hati, memberikan efek bahagia, dan perasaan senang.

7. Manfaat Sosial

Di kelas zumba Anda bisa berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, sehingga dari sisi sosial dapat mengembangkan kepribadianmu dan mengenal berbagai jenis orang. Aktivitas zumba tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, tetapi juga pengembangan jiwa sosial dan lebih mudah memahami perbedaan orang yang satu dengan yang lainnya. (REG)

Sumber:

  1. Watson F. Benefits of Zumba workouts. Livestrong. 2018
  2. Kelly E. The suprising health benefits of Zumba. Healthline. 2018

Apa saja soal Kesehatan #TanyaPakdok Lewat Aplikasi, Install Pakdok sekarang click Andoid Google Play atau IOS App Store